BANDUNG – HPN.or.id

Lakukan Promosi yang tepat, seleksi acara yang akan dilakukan serta buatlah susunan acara tepat merupakan langkah awal sebuah kesuksesan acara selain kekompakan panitia yang terlibat di dalamnya.

Inilah yang dilakukan oleh Panitia Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Bandung saat menyelenggarakan Bazar, Ekspo serta Jalan Sehat dalam rangkaian acara Harlah Sewindu HPN Sabtu (12/10) hingga Minggu (13/10) di Kiara Artha Park Jl. Banten, Kebonwar Kec. Batununggal Bandung Minggu (13/10).

Tak heran, para peserta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut menghasilkan omset sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per hari. “Alhamdulillah Pak, omset lumayan dan kalau nanti ada lagi semacam ini, kami minta ikut lagi,” ujar Rila pengusaha minuman instan. Untuk acara kali ini, dia membuka dua stand.

Bagaimana dengan hasilnya, apakah impas atau rugi? Menurut Rila jelas untung, “Dengan biaya sewanya masih untung pak, lumayan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Euis pedagang sosis bakar. Hasil yang diperoleh kali ini lumayan bagus dibandingkan dengan dagang ditempat lain. “sebelumnya sering ikut acara semacam, namun hasilnya tidak seperti sekarang,” katanya.

Memang, Panitia Harlah HPN Bandung sangat strategis dalam melakukan promosi kegiatan yakni di Radio Elsintha dan media lain. Dan hasilnya, acara yang sudah disusun selama 3 bulan itu, mampu menyedot pengunjung yang lumayan banyak. Bila satu booth menghasilkan omset Rp 3 juta dalam dua hari, maka bila diikuti oleh 100 stand (pengusaha) maka uang yang beredar dalam acara selama dua hari sekitar Rp 300 juga dalam dua hari. Padahal fakta dilapangan, satu booth bisa dua hingga tiga pedagang yang berjualan sehingga omset semestinya bisa lebih.

Bila acara serupa diduplikasi ke 9 kota lainnya maka uang yang berputar di seluruh rangkaian acara Harlah Sewindu HPN mencapai Rp 2,7 M. “Inilah bentuk jejaring ekonomi umat. Bila ini diaplikasikan dengan tepat maka acara yang dihimpun HPN sangat berguna bagi Umat Islam pada umumnya,” demikian Ketua II Bidang Industri Perdagangan, Industri Kesehatan dan Industri Keuangan PP HPN Dripa Sjabana.”Semoga barokah,” ujarnya. (Admin)