Sumedang – HPN.or.id

Sejarah kopi sudah ada sejak abad ke-9 dan kini kopi telah masuk ke berbagai belahan dunia menjadi salah satu minuman favorit para pecintanya.
Di Indonesia sendiri kopi telah menjadi minuman harian baik sebagai minuman di sela-sela santai hingga minuman di acara-acara para bangsawan ini artinya, kopi telah mendapat tempat terbaiknya di kalangan masyarakat Indonesia. Kopi Manglayang telah hadir dan telah dikenal luas di kalangan para pecinta kopi di tanah air.
Sebutan Kopi manglayang merujuk kepada sumber tanaman tersebut ditanam dan dikelola yaitu, di Gunung Manglayang di atas ketinggian 1400-1600 MDPL masuk pada wilayah keperintahan Kecamatan sukasari kabupaten sumedang Jawa Barat. Terletak di area pegunungan yang sejuk dan berudara segar sekaligus mempunyai kultur tanah yanag sangat cocok sekali untuk pembudidayaan tanaman kopi tersebut sehingga melahirkan biji-biji kopi pilihan terbaik dengan citarasa yang sangat khas dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya di jawa barat.

Terlepas dari rasa dan aroma sebuah kopi yang sudah kita ketahui bersama Kopi manglayang mempunyai beberapa keunikan dan cita rasa khas dari kopi ini satu diantaranya : Ketika kopi manglayang ditambahkan sedikit gula akan muncul rasa baru yang luar biasa berbeda dari kopi yang lain seperti, rasa asam seperti buah yang sangat segar dan jika ditambahkan lebih banyak gula rasa asam tersebut akan semakin kuat dan tambah segar. Orang yang pertama kali menyeduh kopi ini akan merasakan hal luar biasa dari keunikan rasa khas kopi tersebut. Namun, jika kita menyeduhnya tanpa gula rasa khas kopi Original Manglayangnya akan lebih terasa dan terjaga. Terlebih begitu banyak kandungan zat didalam kopi ini yang sangat baik untuk kesehatan dan pencegahan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh manusia, antara lain:

  1. Mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2
    Beberapa penelitian menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena resiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survai yang dilakukan oleh UNCLA School of Public Healt and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan ditahun 2011. Hasil survai mengatakan, apabila wanita menopose meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.
  2. Manfaat kopi untuk melawan kanker
    Kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker. Namun, peneliti tidak mempertimbangkan factor lain, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kini, manfaat kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA. Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut dan kanker kerongkongan. Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, diantaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridnium. Kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa anti kanker.
  3. Menurunkan resiko demensia ( Pikun )
    Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para riset dari swedia dan Denmark mengadakan survey terhadap lebih dari 1.400 orang dewas yang mengkonsumsi kopi setiap hari. Mereka meminum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir aau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vascular.
  4. Melindungi tubuh dari penyakit Parkinson
    Penyakit Parkinson disebabkan karena adanya gangguan pada otak, yaitu system syaraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerakan, dan kekauan otot. Untuk itu, manfaat kopi dapat membantu menurunkan risiko penytakit Parkinson bagi kaum pria yang mengkonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena Parkinson. Awalnya, peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari Parkinson. Namun, sebuah penelitian menemukan sebuah Gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ini.
  5. Mencegah depresi
    Khasiat kopi dapat menurunkan risiko depresi menurut beberapa peneliti. Para ilmuwan dari Harvard Scool of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengkonsumsi dua sampai 3 cangkir kopi sehari memiliki risiko 50 persen lebih rendah.
    Itulah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan khawatir setelah minum kopi, apalagi kopi Manglayang dari HPN Sumedang. (Suryana, Biro Media dan telekomunikasi HPN Sumedang)